ARTIKEL INI MENGANDUNG SPOILER SERTA PANDANGAN PRIBADI PENULIS, JADI HATI-HATI.

Episode kedua anime Nijigasaki musim kedua kali ini berjudul “warna yang bercampur” tayang pada hari Sabtu, tanggal 9 April lalu. Episode kedua ini berfokus pada konflik antara Lanzhu dengan 4 member Klub Nijigasaki yaitu Kanata, Emma, Kasumi, dan Rina. 

Pada episode kedua ini juga untuk pertama kalinya lagu pembuka anime musim kedua Nijigasaki ditampilkan. Lagu pembukanya berjudul “Colorful Dream! Colorful Smile!” dengan kostum putih musim dingin, menyesuaikan dengan latar waktu serta jadwal konser kelima yang akan bertema anime musim kedua ini.

Episode dibuka dengan narasi singkat oleh Kanata dan Emma. Narasi pembuka episode ini adalah potongan dari lirik lagu “Sing & Smile” yang merupakan lagu dari sub unit QU4RTZ yang menjadi pusat dalam kisah episode ini.

Kedatangan ketua dan wakil ketua Klub School Idol Akademi Y.G. Internasional, yaitu Jennifer dan Rakshata juga mewarnai episode kedua anime Nijigasaki ini. Perwakilan dua anggota Akademi Y.G. Internasional ini adalah untuk mengajak Klub School Idol Akademi Nijigasaki melakukan kolaborasi bersama mereka dengan membuat konser gabungan antara dua sekolah tersebut. Tentu saja Klub School Idol Nijigasaki menyetujui ajakan tersebut. 

Namun, rasa kecewa sedikit menghampiri kedua anggota Klub School Idol Akademi Y.G. Internasional tersebut karena mengetahui bahwa Lanzhu yang menjadi salah satu pemicu mereka ingin mengadakan konser gabungan dengan Nijigasaki ternyata bukan merupakan anggota Klub School Idol Nijigasaki. Mengetahui hal itu, Emma tidak hanya tinggal dia dan berinisiatif untuk mengajak Lanzhu agar berpartisipasi dalam konser gabungan mereka. Tapi, apa boleh dikata, Lanzhu menolak ajakan tersebut mentah-mentah. 

Bagian penting lainnya adalah ketika Ayumu datang ke ruangan OSIS untuk mengantarkan formulir pengajuan. Di sini kita untuk pertama kalinya diperlihatkan sosok Shioriko tersenyum dalam kisah animenya, setelah dalam episode pertama lalu diperlihatkan selalu dengan wajah datar dan dingin.

Kembali dengan Emma, disini Emma telah bertemu dengan 3 anggota lainnya yaitu Kanata, Kasumi, dan Rina dengan niat untuk pergi ke konser Lanzhu. Setelah membuntuti Lanzhu kemana-mana karena mereka tidak menanyakan secara langsung lokasi dan waktu diadakannya konsernya, akhirnya mereka tiba di lokasi diadakannya konser Lanzhu tersebut dan bertemu langsung dengan Lanzhu. Lanzhu dengan baik hati menyambut keempat anggota Klub School Idol Nijigasaki ini ke kediamannya.

Di kediaman Lanzhu, mereka berlima saling memperdebatkan tekad masing-masing, di mana Emma dan Kanata yang terus mengajak Lanzhu untuk bergabung dengan klub, sementara Lanzhu tetap kukuh dengan pendiriannya untuk berdiri sendiri sebagai seorang School Idol. Dari sini mulai terjadi perselisihan di antara mereka yang akhirnya membuat Lanzhu memberikan tantangan kepada keempat anggota Nijigasaki ini untuk menunjukkan tekad mereka dengan cara School Idol, yaitu melalui konser.

Sepulangnya dari kediaman Lanzhu, keempat anggota Nijigasaki ini mulai mempertanyakan tujuan mereka dan kebenaran dari tekad mereka. Emma yang awalnya meerasa bahwa dirinya dan Lanzhu memiliki pandangan yang berbeda, mulai berpikir bahwa mereka hanya salah paham antara satu sama lain. Pada akhirnya, setelah menyatukan pikiran dan perasaan satu sama lain, Kasumi, Kanata, Emma, dan Rina setuju untuk melakukan konser bersama demi untuk menjawab tantangan serta menyampaikan apa yang mereka rasakan kepada Lanzhu. Inilah yang akan melatar belakangi kisah terbentuknya sub unit QU4RTZ dalam anime Nijigasaki. 

Salah satu petunjuk terselubung yang membuat saya tertarik di sini adalah ketika para anggota QU4RTZ berada di taman setelah pulang dari kediaman Lanzhu. Pada adegan awalnya diperlihatkan sebuah jam taman yang menunjukkan pukul 16:02. Awalnya saya sedikit bingung dengan apa maksud dari angka 1602, tapi ternyata kode ini dibaca 04:02 atau 0402 yang merujuk pada tanggal 2 April bertepatan dengan tanggal penayangan perdana anime Nijigasaki musim kedua di Jepang. 

Untuk episode ketiga nanti yang berjudul “Sing! Song! Smile!” juga masih akan membawakan kisah keempat anggota Nijigasaki ini bersama dengan Lanzhu dengan perkembangan konflik dan kisah yang lebih menarik lagi.